Periode abad kegelapan ini dimulai
sejak jatuhnya Kerajaan Romawi hingga pertengahan abad kelima bahkan sampai
pada abad ke-11. Periode ini dikenal sebagai Zaman Kegelapan Eropa karena selama
periode tersebut peradaban di Eropa Barat mengalami perkembangan yang sangat
rendah. Sekolah hampir tidak ada, pelajaran Yunani hampir hilang, dan berbagai
seni serta kerajinan yang menjadi warisan budaya pun hampir terlupakan. Hanya
para biarawan dari biara-biara Katolik dan beberapa orang awam yang masih
berbudaya, dan secara diam-diam mereka tetap mempelajari pembelajaran Yunani
dan Latin. Periode ini ditandai dengan banyaknya kekerasan fisik dan keyakinan
agama yang kuat. Sistem sosial lama memberi jalan dan membuat masyarakat
menjadi feodal dan gerejawi.
Bangsa Romawi tidak pernah
mempelajari matematika secara abstrak, tetapi mereka lebih tertarik pada aspek
praktis yang terkait dengan perdagangan dan teknik sipil. Sejak jatuhnya
Kerajaan Romawi sampai berakhirnya masa tersebut, sebagian besar pedagang
timur-barat meninggalkan proyek negara, bahkan minatnya menyusut, dan sangat
sedikit sekali yang berminat dalam mempelajari matematika, di luar pembangunan
kalender Kristen, telah dicapai di Barat selama setengah milenium yang semuanya
tercakup pada abad kegelapan.
Ada beberapa orang yang sangat berperan pada abad kegelapan ini,
diantaranya yaitu Boethius seorang pejuang bangsa Romawi, sarjana hukum gereja
yaitu Bede dan Alcuin, dan seorang sarjana Prancis yang terkenal dan seorang
gerejawan Gerbert yang menjadi Paus Silvester II.
1.
Boethius
(475-524)
Kontribusi Boethius dalam sejarah matematika yaitu pada
tulisan-tulisannya mengenai geometri dan aritmatika yang menjadi buku standar
di sekolah-sekolah biara selama berabad-abad. Karya-karya ini sangat sedikit tetapi menjadi puncak prestasi
matematika. Untuk Geometri tidak memuat apapun kecuali memuat proposisi dari
Buku I dan beberapa proposisi yang dipilih dari Buku III dan IV pada Elemen
Euclid, bersama dengan beberapa aplikasi untuk pengukuran dasar, dan aritmatika
ditemukan ketika dialami kejemuan dan sedikit ajaib, namun menjadi sangat
terkenal, seperti karya Nicomachus dari empat abad sebelumnya. Ia menentang
beberapa bagian, salah satunya dia berpendapat bahwa Geometri adalah palsu.
Karena hal ini dan tulisan-tulisannya mengenai filsafat, maka Boethius diangkat
menjadi pendiri skolastisisme (pengetahuan yang diperoleh dengan ilmiah) abad
pertengahan. Cita-cita yang tinggi dan integritas tidak fleksibel membawanya ke
masalah politik dan ia mengalami akhir yang kejam, dan beberapa pendeta
menyatakan ia sebagai pejuang.
2.
Bede
(sekitar 673-735)
Bede lahir di Northumberland, Inggris, dan menjadi salah satu yang
terbesar dari para ulama Gereja abad pertengahan. Tulisan-tulisan terbesarnya
mencakup beberapa subjek matematika, yang mengacu kepada penanggalan dan
perhitungan jari. Alcuin (735-804), lahir di Yorkshire, adalah seorang sarjana
bahasa Inggris. Ia dipanggil ke Prancis untuk membantu Charlemagne dalam proyek
ambisius sekolahnya. Alcuin menulis sejumlah topik matematika dan sedikit
dihargai pada koleksi teka-teki masalah yang mempengaruhi penulis buku teks
selama berabad-abad.
3.
Gerbert
(950-1003)
Gerbert lahir di Auvergne, Perancis, yang pada
awalnya menunjukkan kemampuan yang tidak biasa. Dia adalah salah satu orang
Kristen pertama yang belajar di sekolah-sekolah Islam di Spanyol dan ada bukti
bahwa ia mungkin telah mengembalikan angka Hindu-Arab, yang tanpa angka nol, ke
Eropa Kristen. Diceritakan bahwa ia telah membangun Abaci, globe bumi dan
langit, jam, dan mungkin sebuah organ. Prestasi tersebut menguatkan kecurigaan
dari beberapa orang sezamannya bahwa ia telah menyembahkan jiwanya kepada
setan. Namun demikian ia terus naik dalam Gereja dan akhirnya terpilih menjadi
Paus pada tahun 999. Dia dianggap seorang sarjana yang mendalam dan menulis
tentang astrologi, aritmatika, dan geometri.
Adapun soal-soal yang muncul pada abad kegelapan
antara lain sebagai berikut:
1.
Jika 100 gantang jagung
akan dibagikan kepada 100 orang sedemikian rupa sehingga setiap pria menerima 3
gantang, setiap wanita 2 gantang, dan setiap anak mendapat ½ gantang, berapa
banyak pria, wanita, dan anak-anak yang berada di sana?
2.
Ada tiga puluh termos,
sepuluh berisi penuh, sepuluh setengah kosong (hanya berisi setengahnya dari
termos), dan sepuluh yang seluruhnya kosong. Termos ini harus dibagikan kepada
tiga putra sehingga termos dan isinya harus dibagi sama rata. Bagaimana ini
dilakukan?
3.
Seekor anjing mengejar
kelinci, yang posisi awalnya berjarak 150 kaki. Anjing melompat 9 kaki setiap
kelinci melompat 7 kaki. Dalam berapa lompatan anjing dapat menyalip kelinci?
4.
Serigala, kambing, dan
kubis harus dipindahkan melintasi sungai dengan perahu yang bisa hanya bisa
dipegang satu oleh tukang tambang. Bagaimana ia harus membawa mereka melintas
sehingga kambing tidak akan makan kubis, atau serigala memakan kambing?
5.
Seorang manusia yang
hampir meninggal mewasiatkan bahwa jika istrinya yang sedang hamil itu
melahirkan anak laki-laki, maka anak laki-lakinya akan mewarisi ¾ dan istrinya
memperoleh ¼ dari kekayaannya, tetapi jika yang lahir adalah anak perempuan,
maka anak perempuan tersebut akan mendapat 7/12 dan istrinya mendapat 5/12 dari
kekayaannya. Bagaimana membagi kekayaannya jika yang lahir adalah anak
laki-laki dan perempuan (kembar)? (Masalah ini berasal dari Romawi. Solusi yang
diberikan dalam koleksi Alcuin tidak dapat diterima.)
6.
Dalam geometrinya, Gerbert
memecahkan masalah yang dianggap sangat sulit pada saat itu, yaitu penentuan
kaki segitiga siku-siku yang sisi miring dan luas daerahnya diketahui. Pecahkan
masalah ini!
7.
Gerbert menyatakan luas
daerah sebuah segitiga sama sisi dari sisi adalah (a/2) (a–a/7). Tunjukkan
bahwa ini ekuuivalen dengan mengambil
= 1,714.

0 komentar:
Posting Komentar